BUAH TANGAN DARI KOTA KENDAL BERIBADAT “KERUPUK GORENG PASIR”



Setiap daerah pasti mempunyai makan khasnya masing - masing. Makanan khas ini biasanya dijadikan sebagai oleh - oleh, oleh orang luar kota yang berkunjung ke Kota Kendal. Kerupuk goreng pasir ini biasanya juga disebut dengan kerupuk usek. Di namakan kerupuk goreng pasir karena cara penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng seperti kerupuk - kerupuk biasanya, melainkan penggorengannya menggunakan wedi (pasir). Kerupuk goreng pasir mempunyai citra rasa yang gurih dan renyah sehingga cocok dimakan sebagai lauk ataupun cemilan. Kerupuk goreng pasir merupakan bagian dari industri kecil yang ada di kabupaten Kendal. Adapun desa - desa yang memproduksi kerupuk wedi ini antara lain desa Langenharjo, Gemuh Blanten, Karangsuno, dan Sarirejo. Kerupuk ini biasanya di pasarkan di daerah Kaliwungu, namun di daerah lain tetapi masih dalam lingkup Kabupaten Kendal juga ada yang menjual kerupuk goreng pasir ini namun tidak terlalu banyak seperti di daerah Kaliwungu. Kerupuk ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu mulai dari Rp 5000,- perbungkus dan ada juga yang Rp 12.000,- perbungkus tergantung kemasan kerupuknya. Mengapa memilih menggoreng menggunakan pasir tidak menggunakan minyak goreng, karena pasir tidak mengandung banyak kalori dan lemak serta kandungan natrium yang rendah sehingga para konsumen lebih memilih kerupung wedi dijadikan sebagai cemilan dari pada kerupuk yang digoreng menggunakan minyak goreng. Kerupuk goreng pasir bisa dimakan dengan ditambah menggunakan sambal lutis atau sambal gula merah akan lebih nikmat rasanya.
Bahan :
-       Tepung Tapioka
-       Garam
-       Terasi
-       Penyedap Rasa
-       Pewarna Makanan
-       Ketumbar
-       Bawang Putih
-       Wedi (Pasir)
Alat :
-       Pisau
-       Timbangan
-       Tampah
-       Wajan
Cara membuat :
1. Siapkan semua bahan yang diperlukan seperti tepung tapioka, garam, terasi, penyedap rasa, ketumbar, dan bawang merah, aduk hingga semua bahan tercampur semua.
2.  Setelah itu bagi menjadi beberapa bagian dan masukkan pewarna makanan sesuai warna apa yang diinginkan biasanya warnnya terdiri dari putih, pink, dan kuning.
3.   Setelah diwarnai masukkan adonan ke dalam sebuah cetakan sesuai yang diinginkan. Kemudian semua cetakan dimasukkan ke dalam alat untuk merebus adonan krupuk selama kurang lebih 15 menit.
4.  Setelah kerupuk selesai direbus diamkan kerupuk hingga dingin dan setelah dingin kerupuk bisa dipotong tipis atau sesuai selera.
5. Setelah dipotong tipis adonan kerupuk bisa di jemur diatas tampah, setelah semua kerupuk disusun diatas tampah bisa dilakukan proses penjemuran hingga adonan kerupuk kering.
6.   Setelah semua kerupuk kering, kerupuk siap di goreng dengan menggunakan pasir atau wedi.
Nah, gampang juga kan membuat kerupuk goreng pasir, tapi jangan salah memilih pasir yang digunakan untuk menggorengnya ya, pilih pasir yang bersih dan sudah disaring secara halus sehingga tidak ada batu yang tersisa di pasirnya karena kalau pasirnya menempel pada adonan kerupuk akan mengurangi citra rasa dari kerupuk wedi ini.
Jangan lupa kalau jalan - jalan ke Kabupaten Kendal membeli Kerupuk Goreng Pasir ya teman - teman hehehehe . . . . . . .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ASAL - USUL DESA PENYANGKRINGAN KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

KESENIAN TRADISIONAL SINGO BARONG DARI DAERAH JAWA TENGAH